Selasa, 22 Mei 2012

KOREA FOOD


Berwisata sambil menikmati hidangan kuliner sepertinya sesuatu yang asyik. Apalagi dengan mencicipi makanan yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Salah satu negara tujuan wisata saya adalah Korea, saya sangat ingin dapat pergi ke sana.
Di Korea ada banyak makanan yang belum pernah saya ketahui. Hanya sedikit makanan Korea yang saya tau, seperti Kimchi misalnya. Ternyata di facebook Korea Tourism Organization (Indonesia) ada banyak informasi yang bisa saya dapatkan mengenai kuliner Korea.
Dari sekian banyak menu kuliner yang ada di Korea, ada tiga makanan yang sepertinya sangat menggiurkan, yaitu Jajangmyun, Seolleongtang dan Kkochi Eomuk. Saya sangat tertarik untuk dapat mencoba ketiga makanan tersebut.
1. Jjampong
 
Jjampong
Jjampong adalah sup mie pedas dengan campuran seafood, daging dan sayuran dan ini terkenal sebagai temannya Jjajangmyeon karena orang Korea sering ragu memilih menu antara Jjampong dan Jjajangmyeon. Mie terbuat dari tepung gandum. Umumnya Jjampong dibuat dengan bawang dan minyak cabai. Jumlah cabai dalam campuran tergantung pada selera orang masing-masing. Seandainya kita menyukai pedas, mungkin bisa menambahkan banyak cabai dalam sup tersebut.
Seafood yang sering digunakan adalah cumi-cumi, kerang, dan udang. Potongan daging yang digunakan antara lain adalah daging sapi. Sedangkan sayurang yang sering dicampurkan dalam Jjampong ini antara lain kubis, bawang, wortel, jamur dan sayuran hijau lainnya. Jjampong telah menjadi makanan yang disukai, baik oleh warga Korea sendiri, maupun juga warga dunia lainnya.
2. Seolleongtang
 
Seolleongtang
Seolleongtang adalah salah satu jenis sup yang paling terkenal di Korea. Bahan masakan yang satu ini terbuat dari sup kaldu tulang sapi yang direbus dalam waktu lama. Biasanya masak sup ini membutuhkan waktu berjam-jam lamanya agar kalsium yang ada terlepas sampai tulangnya berwarna putih khas.
Karena terbuat dari tulang sapi bukan berarti hanya ada tulang saja di menu sup ini. Namun dalam menu sup Seolleongtang juga ada juga potongan daging sapi dan lobak yang dicampurkan. Biasanya orang membuat Seolleongtang saat musim dingin, bisa dimakan untuk sarapan maupun makan malam.
3. Kkochi Eomuk
 
Kkochi Eomuk
Kkochi Eomuk merupakan salah satu menu kuliner yang membuat saya tertarik. Bahan makanan ini terbuat dari adonan ikan dan tepung yang ditusuk seperti sate. Kemudian direbus dengan bumbu beserta lobak. Makanan ini tidak pedas seperti Tteokbokki, sehingga bisa dinikmati semua orang. Banyak yang bilang, rasa Eomuk dan tteokbokki saling melengkapi.
Di Korea, Kkochi Eomuk ini menjadi jajanan favorit di musim dingin karena rasanya yang enak dan hangat. Cobalah untuk memakan eomuk yang sudah direndam dalam kuah dan celupkan dalam kecap manis untuk menambah rasanya. Biasanya Kkochi Eomuk dijual bersamaan dengan kedai Tteokbokki.
Sumber gambar :

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates